Liburan ke Italia (1)

Rencana liburan ke Italia ini sudah dirancang jauh-jauh hari sama si papa, bahkan sejak aku  masih di Indo dan belum ada kepastian mengenai visa saya (gambling nih ceritanya) Jadi ceritanya gini, Waktu itu Ryan Air (low cost flight) aka Air Asianya eropa ngadaian promo, Hanya dengan 7 Euro bisa terbang ke Italia, Siapa yang gak meleleh coba hehe..Pas lagi chatting si papa ngabarin tentang hal ini, wihh aku bergetar deh saking pengennya tapi gak mau keliatan terlalu “merongrong” papa karena aku tau si papa lagi sibuk-sibuknya dengan urusan thesis..eh gak taunya pas chating besokannya si papa bilang..”pyuhh bikin itinerary liburan 5 hari sama ribetnya dengan bikin paper” cihuyyy..ternyata si papa udah nge-arrange semuanya (ah suamikuw emang paling cihuy) Gombal

Harga tiket perorang 7 euro, ditambah biaya bagasi 20 kg (25 euro-optional) plus biaya administrasi 5 euro per orang jadi ongkos tiket kami bertiga untuk rute  Bremen-Treviso I(taly)  ini adalah 61 euro..Lumayan dengan 700 ribuan udah nyampe ke Italy heheh.

Sebenarnya tiap2 penumpang udah dikasih jatah  free hand carry  10 kg per orang, tapi karena kami bawa barang yang agak berat (ransum,susu,peralatan makan dsb dsb) terpaksa mesti ngeluarin biaya bagasi yang 25 euro itu. Kalo Backpacker sejati sih gak  gak akan make bagasi, jadi bener-bener mengoptimalkan jatah  free hand carry itu, tapi berhubung kami traveling dengan bawa mahluk kecil aka Raihan yang perlengkapan dan bekalnya aja segambreng, jadi biaya Bagasi ini gak bisa diirit. (liburan kali ini kami berencana ala2 Backpacker..alias liburan hemat namun maksimal hehe)

Hari yang ditunggu2 akhirnya tiba juga, kamis 17 Februari 2011, jam 7.45 dengan bawaan 1 koper, 3 tas ransel plus 1 stroler kami ninggalin rumah menuju bandara Bremen..jam 9.55 kami take off.. Slogan si Ryan Air sebagai flight yang selalu on time emang kebukti, semuanya tepat waktu

Oh ya karena sistemnya gak pake nomer kursi dimana hukum rimba berlaku siapa cepat dia yang dapat posisi enak, makanya jauh2 sebelum jam boarding, kami udah ngantri duluan, udah gitu aku ama papa raihan bagi tugas, aku duluan yang naik pesawat buat ngetag tempat, si papa dan raihan belakangan karena masih harus berurusan ama petugas buat urusan naikin stroller di pesawat.(just info : kalo gak mau capek berdiri karena kelamaan antri, pada saat booking tiket kita bisa beli tiket priority, karena pemegang pass priority ini akan didahulukan untuk naik pesawat-biayanya 4 euro) tapi gak worth it ah kalo menurut kami, karena biarpun duluan, tapi kalo jalannya kurang cepat/gesit bisa lebih duluan penumpang non priority yang naik pesawat, contohnya akyu hehe)


Dipesawat..raihan dan Papa foto2 sedangkan aku tidoorrr


Sekitar Sejam  setengah Alhamdulillah kami Mendarat di Treviso, sebuah kota kecil di Italy, dari sana kami naik bus lagi untuk sampai di Venezia dengan ongkos ticket 5 euro/orang, (raihan free)..Sejam kemudian akhirnya tiba deh di Venezia. peringatan teman-teman kalo di Italy mesti hati-hati karena banyak copet ternyata benar, Di Terminal aja banyak wajah-wajah mencurigakan hehe (maap kalo dzuudzon)..Tawaran dari 2 orang pemuda untuk membantu mengangkat barang, kami tolak dengan halus, abis keburu parno euy..

Oh ya diterminal itulah terakhir kalinya kami melihat tranportasi darat alias kendaraan berwujud mobil karena selama 2 hari di Venezia, semua transportasinya ádalah tranpsortasi air (taxi,bus dan gondola off course)

Alhamdulillah hostel yang di booking papa raihan letaknya gak terlalu sulit dicari, letaknya juga strategis (soal hostel nanti aku review sendiri). Setelah sholat dan makan siang (bawa bekal dari rumah)  dan istirahat bentar. Akhirnya jam 2 Siang acara jalan-jalanpun dimulai..Acara jalan-jalan beneran dalam arti sebenarnya aka menggunakan kaki hehe..

Tujuan utama kami hari itu ádalah ke Rialto, The Grand Canal, Perjalanan ditempuh kurang lebih 1 jam jalan kaki, tapi karena kami banyak brenti buat menikmati suasana dan foto-foto off course, makanya kami baru Nyampe sore di Rialto, Menyusuri Kota Venezia di setiap sudut emang penuh kejutan, Aura romantisnya sangat kuat, bangunan-bangunan tua bergaya romawi kuno yang masih dipertahankan keasliannya,kanal-kanal yang indah, aneka macam toko cenderamata yang menarik perhatian (utamanya buat saya), pokoknya biarpun kaki pegel tapi hati puas euy..


Tiba Di Rialto, ternyata ada kejutan lain, kami bertemu dengan artis fitri tropica dan Oka Antara (mas2  yang main di Ayat-ayat cinta) serta kru Trans TV, mereka sedang syuting buat acara Selebriti On Vacation.hmm enak bener yah jadi artis,  bisa jalan-jalan gratis, bawa keluarga (fitrop bawa papanya sebagai manager), udah gitu dibayar pula.. sirik.com


Hari sudah beranjak petang, kami juga udah puas foto2..Dari Itinerary liburan yang dibuat papa raihan, seharusnya pulang menuju hotel kami naik water buss, tapi akhirnya kami batalkan,kami lebih memilih jalan kaki karena masih pengen menikmati kota Venezia lebih detail. Untungnya pilihan kami tidak salah..banyak objek dan momen menarik yang kami temui,


Disalah satu toko souvenir, kami membeli magnet kulkas berbentuk gondola seharga 2.99 euro. Acara jalan-jalan hari itu ditutup dengan makan malam di McD, trus lanjut pulang istirahat, Kami Masih punya Waktu seharian besok untuk mengelilingi Venezia

Hari Kedua di venezia, Agenda kami ádalah mengunjungi Piazza San Marco, salah satu tempat paling famous di Venezia, Gereja besar yang berada dipinggir laut, di area san Marco ini juga menjadi salah satu lokasi syuting film The touristnya mbak Angelina jolie itu loh

Sebelum berangkat kami nyiapin bekal, di hostel yang kami tempatin ada peringatan untuk tidak menggunakan alat-alat listrik (setrika, ngecash HP dan alat-alat masak)  untuk menghindari kebakaran, tapi bukan orang Indonesia namanya kalo gak kreatif hihihi…puter otak gimana caranya bisa masak tanpa ketahuan, (kalo ketahuan bisa didenda) 

akhirnya kami nekat masak di Kamar mandi dengan menggunakan colokan yang diperuntukan buat hair dryer.dengan pertimbangan, diikamar mandi ada mini fan jadi asapnya bakal keisep. Selama papa raihan masak, aku tutupin lubang kecil diatas pintu kamar mandi dengan handuk biar asapnya gak keluar, udah situ jendela kamar dibuka lebar-lebar hehe..Alhamdulillah bekal buat sarapan serta nasi buat makan Siang akhirnya jadi juga..


Cerita tentang makanan, kenapa kami repot-repot bawa bekal dan peralatan masak, alasan utama adalah karena kami bawa raihan, yang kedua karena susah banget kan nyari makanan halal di sini trus yang ketiga  karena aku.yahhhh aku mau buka rahasia..aku senang travelling kemanapun, tapi punya kelemahan, lidahku kurang bisa diajak travelling, aku kurang berani nyobai2n makanan2 yang baru aku liat ataupun makanan ala western gitu (burgerpun aku gak suka), aku hobby makan tapi pilihan menunya terbatas2 itu2 aja dan sangat berlidah Indonesia yang belum makan namanya kalo gak pake nasi) .Jadi daripada kelaperan, ribet dikit gak papa deh..
Yang bikini seneng, selama liburan, nafsu makan raihan bagussss banget, yang biasanya paling banter 6-7 suap tiap kali makan, tapi diliburan ini raihan lahap banget, makan nasi ama chicken nugget ampe 15-20  suap, bekal roti,kue bolu,biscuit,susu dan jus semuanya diembat..seneng deh ngeliatnya..
Urusan bekal selesai, kami pun packing2. tepat jam 10 pagi kami check out dari hotel, sebagian barang kami titip di hotel kemudian kami memulai acara jalan-jalan di Hari Kedua Sama seperti kemarin, masih dengan jalan kaki kami menuju Piazza San Marco. Ditengah jalan Raihan singgah beli Gellato dulu..enaknyaaa jangan ditanya yaaaaaaa..enak banget hehehe..

 

Di salah satu toko souvenir, buat ngelengkapin koleksi kami dirumah, papa beli miniatur gondola seharga 3 euro, sedangkan aku beli gelang batu warna item (lupa difoto) seharga 4 euro.
  • Tips hemat : gak usah beli peta, sebelum berangkat lengkapi itinerary dengan ngeprint lokasi2 tujuan yang disearching dari google earth, trus kalau ada yang kurang jelas, numpang baca aja di toko2 souvenir, nyari yang gratisan.lumayan bisa saving 2 euro hihihih

Yang Menarik di setiap tempat2 wisata, ada orang2 kulit itam (maaf yah gak maksud SARA) gelar dagangan berupa beberapa buah tas bermerek, mungkin itu tas KW yah, yah tapi sekawe-kawenya kalau buatan Italy pasti tetep bagus yak..sayang aku gak berani nanya berapa harganya abis, kalo kita nanya sekali bakal diikuti teruss..seremm ihhh

Untuk urusan souvenir, di Venezia ini terkenal ama souvenir topeng dan murano glass (kerajinan gelas/kristal andalan dari pulan Murano) konon kabarnya kalo ibu2 pejabat RI kesini, pasti pada borong si Murano Glass itu..


Yang aku senengin, di Venezia ini banyak banget baby Shop yang mana barangnya sudah pasti lucu2, jadi para ibuk2 kalo someday mau kesini tolong siapkan dompet dan siapkan iman yah.. (banyak banget godaanya heheh)

Pasti banyak yang nanya, koq ke Venezia tapi gak naik Gondola??hmmm..Untuk turis hemat seperti kami, rasanya sayang euy mesti ngeluarin duit 65-100 euro buat naik Gondola..Belum lagi kami bawa Raihan, takutnya dia gak nyaman di atas Gondola. Udah gitu strollernya mau simpen dimana. Trus  denger cerita temen yang katanya “dikerjain” si tukang Gondola kadang sengaja muter2 kemana gitu jadi durasi waktunya lebih dari yang disepakati jadi harus bayar lebih (seperti supir taksi di Jakarta yang suka pura2 bego gak tau jalan biar argonya jalan terus). Gak jadi naik gondola aku gak kecewa koq, karena papa Raihan udah janji,Insya Allah suatu saat kami berdua akan balik kesini lagi dan nyobain naik Gondola amin..Amin Ya Allah

Tapi ternyata bukan kami aja loh yang “sayang duit” buat naik Gondola. Karena begitu ada sepasang turis naik Gondola, wuih tiba2 pasangan  itu jadi seleb mendadak karena  jadi objek foto2 turis2 lain  yang gak naik Gondola hahaha…

  • Gak sempat naik Gondola??jangan kecewa..foto disampingnya gondola lumayan buat “pelipur lara” hehee

  • another info : tidak disarankan untuk2 sering2 ke Toilet, karena tarifnya mahal euy. 1,5 Euro..tarif  toilet termahal yang pernah aku temuin di Eropa.

Tiba di San Marco seperti biasa acara wajib (baca :foto2) dilakukan, puas foto2 kami jalan2 muter2  area san Marco yang luas banget, kalau mau shopping2 disini juga ada shopping center yang dengan semua brand terkenal. ayoo boleh kak.. (Mangdu mode On )

  • Deretan kafe2 yang ada disini, salah satunya tempat neng Jolie syuting pilemThe Tourist
Kami menunggu sunset disini, karena papa raihan pengen muasin hobby moto-motonya dengan motret venezia disaat matahari terbenam.

Menjelang petang kami pun pulang, kali ini gak jalan kaki tapi pakai water buss (tarif 6 euro/orang) Raihan  free. Kami Turun di Halte yang dekat stasiun, .aku dan raihan ke nunggu di Stasiun kereta, papa raihan balik kehotel dulu buat ngambil barang kami..Kami menunggu +/- 3.5 jam untuk kereta malam yang akan membawa kami ke roma

Oh ya Ada cerita lucu, Untuk Makan malam, Papa dan Raihan makan burger di sebuah kafe di Stasiun, sedangkan aku makan roti, tapi abis makan roti rasanya Belum nampol ah, masih laper lagi. Aku pengen makan mie instant tapi gak mungkin kan masak di stasiun, akhirnya papa raihan ada ide. Dia ama raihan ke Kafe tempat beli burger tadi, sama pemilik kafe papa raihan minta air panas buat dipake nyeduh mie Instant, Sang Pemilik kafe dengan senang hati memberikan sambil berkata oh buat susunya si Kecil yah..hahaha paling enak emang traveling bawa anak kecil selalu ada excuse buat kami..jadi inget pengalaman kami waktu di Amsterdam dulu, kami berhasil beli nasi (nasinya aja)  di resto China Yang mewah,padahal sebenernya gak boleh Cuma sang Manager kasian pas liat Raihan (padahal waktu itu yang kepengen makan nasi sih emaknya hehehe)
Dan Jadilah mie Instant jadi menu makan malamku saat itu…nyam..nyam..nyam

Selesai acara makan..si raihan ketiduran nunggu kereta datang..

This entry was posted in Longue, Tips n Trik. Bookmark the permalink.

One Response to Liburan ke Italia (1)

  1. meika says:

    Sungguh menarik!!
    Sy pengen skali bisa ke italia..satu keinginan terbesar sy di tahun 2013!
    Tolong mb..sy perlu info kisaran biaya yg diperluin dong selama disana (urus visa+tiket pesawat PP)
    Sy tggu di email yah..makasiih banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s