Cara Bijak Up-Size Velg Mobil

velg-2.jpg

Setiap orang yang memiliki mobil pastinya ingin tampil beda dengan mobil lainnya, oleh sebab itu berbagai cara dilakukan dari cara sederhana sampai ke cara yang paling ekstrim dapat dilaplikasikan pada mobil. Salah satu cara yang paling sederhana dan cepat untuk membuat mobil tampil beda adalah mengganti velg standar atau original dengan yang aftermarket.

Sebenarnya ada berbagai kriteria velg yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tetapi anda harus bijak dalam pemilihan velg ini, salah-salah anda akan dapat mempengaruhi kenyamanan dan juga budget anda dapat terkuras banyak, tentunya ini dapat merugikan anda juga.

Dalam dunia Modifikasi, khususnya untuk penggantian besar ukuran velg dikenal istilah plus one, plus two, dan seterusnya. Maksud istilah tersebut adalah, kata Plus = Tambah, sedangkan kata belakangnya seperti one, two dan seterusnya = menentukan besar ukuran velg dari standarnya, contoh kata  plus one, ini berarti istilah jika pelek original / standar berukuran 17” ingin diganti dengan ukuran 18”. Begitu juga dengan istilah plus two atau seterusnya.

Khusus mobil daily use / harian bila ingin diganti velg yang ukurannya lebih besar dari aslinya / original equipment (OE), sebaiknya menggunakan velg maksimal plus two dari ukuran standarnya, misalnya standar velg yang diberikan oleh pihak ATPM adalah 15” maka maksimal penggunaan velg adalah 17”. Hal ini dimaksudkan supaya penggunaan velg tidak akan menyusahkan anda dikemudian hari dengan adanya Modifikasi kaki-kaki, karena ini berkaitan dengan kenyamanan yang akhirnya menyentuh pada performa mobil dalam penggunaan sehari-hari.
velg-1.jpgBerbeda dengan penggunaan untuk segmentasi fashion atau show off (salah satu penggunaannya untuk mobil kontes). Pada mobil untuk show off biasanya penggantian ukuran mencapai plus four, hal ini diperlukan karena memang velg sangat berperan sebagai trendsetter dan untuk point penilaian kontes, sehingga mobil hanya diperuntukkan pada saat kontes berlangsung. Dari sini pun ada berbagai karakter dalam penggunaan show off, seperti menggunakan aliran ekstrim, elegant, racing, ataupun retro (klasik).

Sedangkan pada mobil balap maka harus dipergunakan velg yang ringan sekaligus kuat sehingga tak ada tawar menawar soal kualitas. Disini velg dapat mempengaruhi performa mobil dan keselamatan pengemudi secara langsung.

Berbagai macam asal dan kualitas Velg
Velg tentunya juga bermacam asalnya, ada yang buatan lokal ataupun import. Velg   import pun terbagi menjadi dua macam, yaitu ada yang kualitas nomor dua dan ada yang kualitas nomor satu. Kualitas nomor dua biasanya didatangkan dari Thailand, berbagai macam modelpun disediakan dengan harga yang sangat miring tetapi biasanya kualitas sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Berbeda dengan kualitas nomor dua, velg import kualitas nomor satu memang ditujukan memberikan kepuasan dan kelas tersendiri; biasanya velg ini didatangkan dari Eropa, Jepang atau Amerika. Bicara soal kualitas tak usah diragukan, tetapi harga velg ini biasanya bisa dibanderol 2 sampai 3 kali lipat lebih mahal dari harga velg kualitas nomor 2.

Harga yang ditawarkan berkisar dari 1  hingga 15 juta rupiah per velg bahkan untuk kualitas nomor satu bisa berharga lebih dari 20 juta per velg. Tentunya dimana ada harga disitu ada kualitas.Tetapi bukan berarti velg kualitas nomor dua tidak dapat menjanjikan kekuatan dan kenyamanan, yang terpenting sesuaikanlah dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk bahan velg sendiri ada yang berbahan aluminium ataupun campuran antara aluminium dan baja. Berdasarkan teknologi pembuatannya, dipasaran dikenal jenis forged wheel, ini dikenal paling kuat dan termahal, Pressure cast wheel dikenal cukup kuat dan lebih ringan dan yang terakhir Velg Cast wheel yang kekuatannya tidak berbeda jauh dari velg Pressure cast wheel. Yang pasti ketiga jenis teknologi pembuatan velg ini terbilang aman untuk digunakan, selain dari ketiga jenis ini, kualitasnya patut dipertanyakan.
Berikutnya akan dibahas juga pengaruh mengganti ukuran velg secara luas dan bagaimana membaca profil spesifikasi velg dan ban.

sumber : http://www.situsotomotif.com/modifikasi-tuning/tips-modifikasi/cara-bijak-up-size-velg-mobil

This entry was posted in Otomotif, Tips n Trik. Bookmark the permalink.

One Response to Cara Bijak Up-Size Velg Mobil

  1. uungferi says:

    nice info gan,….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s