Manajemen Strategi ( Analisa SWOT )

Manajemen Strategi ( Analisa SWOT )

PT.TELKOM INDONESIA

SEJARAH PERUSAHAAN TELKOM

Tahun 1975 merupakan awal perjalanan usaha PT Infomedia Nusantara menjadi perusahaan pertama penyedia layanan informasi telepon di Indonesia. Di bawah subdivisi Elnusa GTDI dari anak perusahaan Pertamina, Infomedia telah menerbitkan Buku Petunjuk Telepon Telkom Yellow Pages.

Perkembangan yang tercatat selanjutnya adalah berdirinya PT Elnusa Yellow Pages di tahun 1984 yang berubah nama di tahun 1995 menjadi PT Infomedia Nusantara pada saat PT Telkom Tbk menanamkan investasi. Untuk mendukung implementasi Good Coorporate Governance dalam setiap aspek kegiatan perusahaan, Infomedia telah mengeluarkan kebijakan pedoman tata kelola perusahaan di tahun 2008.

Pada tanggal 30 Juni 2009 PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melalui PT Multimedia Nusantara (Metra), anak perusahaan yang 99,99% milik Telkom (selanjutnya disebut Telkom Group) telah menandatangani Shares Sales & Purchase Agreement (SPA) untuk membeli 49% saham PT Infomedia Nusantara (Infomedia) milik PT Elnusa Tbk (Elnusa), sehingga 100% saham PT Infomedia Nusantara telah dimiliki oleh Telkom Group.

Saat ini, Infomedia, sesuai dengan visinya menjadi penyedia jasa layanan informasi yang utama dikawasan regional telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut dengan mengoptimalkan kompetensi untuk mengambil opportunity dalam pengembangan bisnis kedepan

Keseluruhan produk dan layanan Infomedia merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan solusi layanan informasi dan komunikasi yang prima bagi customer dan masyarakat di Indonesia.

VISI
Menjadi Telekomunikasi terkemuka, Information, Media, Edutainment dan Jasa (“TIMES”) Player di Region.

MISI
• Untuk Memberikan KALI dengan Kualitas Bagus & Harga Kompetitif.
• Untuk menjadi Peran Model sebagai Best Managed Korporasi Indonesia.

TUJUAN
Untuk mencapai posisi terdepan dengan memperkuat bisnis legacy dan pertumbuhan bisnis new wave untuk memperoleh 60% dari pendapatan industri pada tahun 2015.

ANALISA STRENGTH ( Kekuatan )

–          Mempunyai jaringan yang luas di seluruh indonesia

–          Memiliki pasar/kosumen yang besar di seluruh indonesia

–          Efektivitas harga yang di berikan kepada pelanggan atau konsumen

–          Mempunyai kekuatan finansial yang besar

–          Banyaknya pilihan produk dan layanan yang ditawarkan

ANALISA WEAKNES ( Kelemahan )

–          Kurang cepatnya tanggapan bila adanya komplain dari konsumen

–          Proses dalam penggantian program promo yang lamban

–          Terhambatnya koneksi pada akhir bulan

–          Bila terjadi pembetulan atau perbaikan tanpa ada konfirmasi kepada konsumen

–          Kurangnya kualitas dalam beberapa produk

ANALISA OPPORTUNITIS ( Peluang )

–          Industri telekomunikasi dan informasi akan terus memiliki peranan penting di Indonesia seiring pertumbuhan yang berkesinambungan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

–          Perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan yang menghasilkan produk sejenis.

–          Jarangnya broadband access di seluruh penjuru indonesia sehingga menjadi peluang yang mampu di ambil

–          Menambah produk yang berkualitas dan mampu bersaingan dengan pesaingan dari segi kualitas

–          Membuat system yang baru dan menarik konsumen

ANALISA THREATH ( Ancaman )

–          Banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang sejenis

–          Banyaknya produk yang di tawarkan oleh pesaing dengan variatif

–          Masyarakat semakin menuntut mobilitas dan fleksibilitas dari alat komunikasinya, telepon rumah “tradisional” tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan tersebut

–          Jaringan Telkom, khususnya jaringan akses kabel , dapat menghadapi potensi ancaman keamanan, seperti pencurian atau vandalisme yang dapat berdampak pada hasil usahanya.

–          Kurangnya kualitas dapat menjadikan Telkom kehilangan beberapa konsumen.

This entry was posted in Tips n Trik and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s